Objek Wisata di Banjarnegara

Berbagai tempat wisata di Banjarnegara kini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Kawasan ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak hanya itu saja, namun dalam 1 area wisata, Anda bisa menemukan banyak objek wisata untuk dieksplor.

Berbagai tempat wisata di Banjarnegara umumnya merupakan daerah dataran tinggi yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang ingin mengetahui mana sja lokasinya, berikut ini merupakan informasinya untuk Anda.

Objek Wisata di Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini beberapa destinasi wisata di Banjarnegara.

1. Curug Pitu

Keindahan air terjun Curug Pitu di Kabupaten Banjarnegara telah banyak dikenal di kalangan wisatawan. Air terjun Curug Pitu memiliki ketinggian dan bentuk yang unik dengan jumlah air terjun yang lebih dari satu.

Jumlah tersebut terlihat bertumpuk namun sangat indah.

Bila Anda ingin menuju ke lokasi ini, akan ada sedikit jalur trekking yang harus ditempuh. Namun rasa lelah selama di perjalanan akan terbayar setelah Anda mencapai ke kawasan air terjun. Keindahan dan kesejukkannya djamin akan menyegarkan rasa lelah dan penat.

2. Taman Margasatwa Seruling Mas

Sebelum mengunjungi ke berbagai tempat wisata sejarah, Anda bisa melihat beberapa koleksi fauna unik yang berada di Taman Margasatwa Seruling Mas. Di tempat ini Anda dan anak-anak bisa melihat berbagai jenis hewan unik lengkap dengan pemandangan alam yang indah.

Bila anak-anak ingin berenang, kawasan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Bila Anda berkunjung ke wilayah Kabupaten Banjarnegara, pastikan Anda mampir ke Taman Margasatwa Seruling Mas sebagai salah satu destinasi wisata.

3. Waduk Mrica

Tidak jauh dari wilayah Curug Pitu, Anda bisa menemukan waduk Mrica. Kawasan ini merupakan sebuah waduk yang tidak begitu luas, namun memiliki pemandangan yang indah dan berdekatan dengan Sungai Serayu yang banyak digunakan untuk bermain arung jeram.

Waduk Mrica memiliki kawasan pembangkit listrik. Kawasan tersebut menjadi salah satu pembangkir listrik yang menyumbang untuk kebutuhan listrik total di wilayah Jawa dan Bali. Bila Anda suka memancing, di kawasan ini Anda bisa memancing ditemani pemandangan yang indah.

4. Taman Surya Yudha

Mengabadikan foto untuk diunggah ke sosial media kini sudah menjadi salah satu dari gaya hidup wisatawan masa kini. Di Taman Surya Yudha, Anda Bisa berfoto dengan latar belakang beberapa miniatur keajaiban dunia yang terdapat di kawasan tersebut.

Taman Surya Yudha memang dibuat untuk memenuhi keinginan wisatawan yang suka berfoto. Di kawasan ini juga terdapat kebun bunga yang indah dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Udara yang sejuk di kawasan ini semakin menyempurnakan suasana.

5. Sungai Serayu

Sungai Serayu merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai wisata yang memacu adrenalin. Di Sungai Serayu, Anda bisa merasakan wahana arung jeram.

Bila Anda memilih paket wisata arung jeram di kawasan Sungai Serayu, Anda akan diberikan paket lengkap berupa alat pengaman seperti helm dan pelampung yang telah tersedia dengan lengkap untuk semua wisatawan.

6. Wadas Tumpang

Bukan sekedar menawarkan pemandangan yang indah, namun kawasan Wadas Tumpang juga cocok untuk dikunjungi bila Anda menyukai wisata mistis dan unik. Konon, di kawasan ini banyak masyarakat yang bertapa dan meminta berkah dengan memberikan sesaji.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sesaji yang terdapat di kawasan tersebut sejak pertama kali Anda menginjakkan kaki di wilayah tersebut. Di Wadas Tumpang, Anda bisa menikmati pemandangan indah sekaligus berfoto dengan background foto yang bagus.

Namun jangan lupa untuk tetap mengedepankan sopan santun dengan menjaga kesucian lokasi wisata sekaligus menjaga kebersihan wilayah tersebut. Udara sejuk sangat terasa di kawasan ini sehingga pastikan Anda mengunjungi Wadas Tumpang di pagi atau siang hari.

7. Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuno merupakan sebuah komplek percandian yang paling terkenal di kawasan Banjarnegara. Setiap tahunnya terdapat ritual potong rambut untuk warga setempat yang memiliki rambut gimbal. Hal ini merupakan salah satu tradisi yang terdapat di wilayah tersebut.

Kawasan Candi Arjuno juga memiliki suasana unik yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, kawasan ini sangat cocok untuk dikunjungi ketika Anda berada di kawasan Kabupaten Banjarnegara.

Di luar waktu ritual, wisatawan bisa memasuki kawasan Candi Arjuno dan menikmati keindahan kawasan Candi. Bila Anda berkunjung ke kawasan tersebut, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan kesucian tempat tersebut.

8. Kawah Candradimuka

Bila Anda pernah mendengar mengenai salah satu tokoh utama dalam pewayangan Jawa, yaitu Gathotkaca, tentu Anda cukup familiar dengan nama Kawah Candradimuka.

Berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat, di kawah inilah Gathotkaca mendapatkan kekuatannya.

Bila Anda berkunjung ke kawah Candradimuka, Anda akan merasakan aur yang cukup unik. Pengaruh uap yang masih keluar dengan cukup tebal dari dalam kawah membuat suasana mistis cukup terasa di kawasan ini.

Kawah Candradimuka menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Bila Anda berkunjung ke tempat ini, Anda wajib memperhatikan keselamatan Anda dengan menjaga jarak aman dengan kawah. Bila Anda ingin berfoto di kawasan kawah, pastikan Anda tidak turun terlalu dalam ke dekat kawah.

9. Kawah Sileri

Kawasan DIeng dan sekitarnya juga dikenal memiliki beberapa objek wisata berupa kawah yang kini sudah tidak terlalu aktif. Salah satu kawah di kawasan tersebut yang menjadi favorit para wisatawan adalah Kawah Sileri. Pemandangan di sekitar kawah Sileri sangat unik dan indah.

Bila Anda berdiri di dekat kawah, Anda akan melihat pemandangan berupa genangan air warna silver yang beruap.

Hal ini wajar terjadi karena Kawah Sileri sebenarnya masih aktif, namun telah cukup lama tidak meletus. Kawah Sileri pernah meletus pada tahun 1944. 1964, 1984, 2003, dan 2009.

Nama Sileri berasal dari sebutan masyarakat sekitar untuk kawah ini yang memiliki warna air seperti air bekas cucian beras, atau yang lebih dikenal dengan nama “leri”.

Bagi Anda yang ingin mencari tempat foto yang indah, kawah Sileri bisa menjadi salah satu lokasi yang cocok untuk dikunjungi.

10. Museum Kaliasa

Museum Kaliasa merupakan salah satu objek wisata di Banjarnegara terbaru yang wajib dikunjungi.

Museum ini berisi berbagai koleksi dan peninggalan arkeologi yang hanya bisa Anda saksikan di lokasi tersebut. Warisan budaya dan peninggalan arkeologi banyak ditemukan di lokasi ini.

Di Museum Kaliasa yang terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara juga memiliki beberapa artefak yang sebelumnya ditemukan di sekitar kawasan candi Arjuno.

Koleksi tersebut kemudian disatukan dan bisa Anda saksikan di Museum Kailasa. Sejak diresmikan pada tahun 2008, Museum ini semakin populer di kalangan wisatawan.

Bila Anda kebetulan sedang berkunjung ke Kabupaten Banjarnegara, tidak ada salahnya untuk mampir ke sini.

Berkunjung ke kawasan Kabupaten Banjarnegara tidak akan terasa lengkap tanpa mengelilingi beberapa tempat wisata favorit di Banjarnegara.

Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan dan keamanan selama berwisata di berbagai tempat wisata di Banjarnegara yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Tinggalkan komentar