Tempat Wisata di Wonosobo

Wonosobo merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah. Sebuah kawasan dengan panorama dan pemandangan alam yang tak terhitung Ya, tempat wisata di Wonosobo memang banyak sekali jumlahnya dan hampir semuanya dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Menjelajahi wisata yang ditawarkan Wonosobo tidak akan habisnya karena hampir semuanya sungguh luar biasa dan akan memukau mata Anda.

Wisata di kabupaten ini mampu menakjubkan siapa saja yang melihatnya, berikut adalah beberapa tempat wisata di Wonosobo yang wajib Anda jelajahi.

Destinasi Wisata di Wonosobo

Berikut ini beberapa pilihan objek wisata di Wonosobo yang wajib kalian kunjungi.

1. Lubang Sewu

Lubang Sewu telah menjadi tujuan wisata yang populer, dan banyak orang datang untuk melihat keindahannya. Alamat tempat wisata ini sangat dekat dengan Waduk Wadaslintang. Bahkan, pemandangan di tempat ini hampir mirip dengan Green Canyon di Amerika Serikat.

Lubang Sewu sendiri terletak di kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Batuan di wisata ini semua tertata rapi dan Anda bisa menikmati pemandangan indah di Lubang Sewu.

2. Embung Kledung

Embung Kledung merupakan destinasi wisata berupa kolam renang besar di lereng Gunung Sindoro.

Awalnya embung ini dibangun untuk mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Bentuknya persegi panjang, sekitar 83 meter di setiap sisi, dan kedalaman yang dimilikinya adalah 3 meter.

Pemandangan alam di wisata ini amatlah indah ditambah suasananya sejuk dan asri. Lokasi wisata ini hanya berjarak 11 kilometer dari Jalan Raya Parakan Wonosobo. Biaya masuk objek wisata ini adalah Rp. 6000 per orang.

3. Air Terjun Winong Kaliwiro

Objek wisata selanjutnya adalah Curug Winong Kaliwiro. Hanya saja jalan di tempat wisata ini sulit dilalui karena harus melewati rumah warga sekitar. Namun, Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena selama perjalanan terdapat banyak petunjuk jalan menuju tempat wisata.

Air Terjun Winong Kaliwiro sendiri terletak di Desa Winongsari, Kaliwiro. Begitu sampai di tempat parkir, Anda bisa terus berkendara sejauh kurang lebih 300 meter untuk mencapai tempat wisatanya dan bermain air sepuasnya.

4. Pemandian Air Panas Kalianget

Setelah seharian berjalan kaki dan Anda merasa lelah, datang saja ke Pemandian Air Panas Kalianget. Tempat ini tidak jauh dari Alun-alun Wonosobo yang hanya berjarak 4 kilometer saja.

Jika Anda datang ke Wonosobo dan merasa kecapekan atau stres dengan aktivitas yang padat, jangan lupa untuk berendam di air hangat dan menikmati pemandangan taman yang indah di Pemandian Air Panas Kalianget.

5. Bukit Siloreng Indah

Bukit Siloreng Indah berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, tempat yang pas untuk menikmati pemandangan Wonosobo yang indah. Di wisata ini, Anda bisa melihat berbagai lanskap kota-kota dari atas bukit seperti Banjarnegara, Kebumen hingga Magelang.

Lokasi wisata ini juga tidak jauh dari pemandian Kalianget atau tepatnya di Desa Somogede.

Banyak warga yang sering memodifikasi sepeda motornya agar bisa mengunjungi tempat ini dan mendaki gunung mengingat jalan menuju lokasi wisatanya memang sedikit menanjak dan terjal.

6. Kawah Dieng

Objek wisata Kawah Dieng adalah salah satu destinasi Wonosobo dengan pemandangan alamnya yang sangat unik. Wisata ini dikenal juga dengan nama Kawah Sikidan dan menjadi salah satu tempat wisata di Wonosobo yang paling populer.

Bahkan banyak warga luar kota yang datang berkunjung ke tempat ini. Tempat wisata ini memiliki aktivitas vulkanik, jadi berhati-hatilah saat berkunjung.

Kawah Dieng memiliki luas sekitar 200 meter persegi dan berada di dataran yang cukup rendah. Lokasinya di Bakal Buntu di Dieng Kulon.

7. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terkenal dengan keindahan golden sunrise-nya. Anda bisa menontonnya secara langsung, hanya saja Anda harus menemukan waktu yang tepat agar tidak ramai dengan pengunjung lainnya.

Dalam beberapa momen, jalur menuju objek wisata ini seringkali ramai oleh pengunjung.

Awalnya, Bukit Sikunir ini sebelumnya ditemukan oleh wisatawan mancanegara yang datang ke Dieng pada tahun 1980-an. Nama Sikunir sendiri berasal dari ramuan kunyit kuning sesuai dengan warna sinar matahari yang terpantul saat matahari terbit.

8. Kolam Renang Tirta Ria Tembelang

Objek wisata yang paling diminati untuk liburan anak-anak adalah kolam renang. Di Wonosobo, Anda juga bisa menemukan banyak wahana dan fasilitas menarik untuk liburan anak-anak, salah satunya adalah Kolam Renang Tirta Ria Tembelang.

Kolam renang ini menyediakan banyak wahana menarik untuk anak-anak. Namun, jangan lupa untuk mengawasi aktivitas anak-anak ya saat mereka asyik bermain di kolam renang. Lokasi wisata ini berada di Desa Tempelang di Kecamatan Mojotengah Wonosobo.

9. Kebun Teh Tambi

Tempat lain yang bagus untuk menghabiskan liburan di Wonosobo adalah perkebunan teh Tambi. Konon jalan-jalan di objek wisata ini mudah dilalui kendaraan, jadi pasti sangat nyaman. Jika sudah sampai di perkebunan teh, Anda bisa melihat pemandangan perkebunan teh hijau yang sangat luas.

Perkebunan Teh Tambi sendiri terletak di Tambi, Kejajar. Ketinggian situs ini sekitar 1400 mdpl sehingga sering diselimuti kabut tebal.

10. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim adalah wisata yang tersembunyi namun keindahannya luar biasa memukau. Lokasinya ada di Sembungan, Kejajar, dan tiket masuknya hanya Rp 6000 per orang. Dikarenakan wisatanya yang terpencil, maka sebaiknya gunakan sepeda motor khusus agar perjalanan lebih lancar.

Jangan lupa untuk berfoto di landscape Air Terjun Sikarim untuk mengabadikan waktu liburan Anda yang berharga di sini.

11. Curug Winong

Curug Winong adalah objek wisata yang memang mempesona, alirannya menyerupai seluncuran. Untuk menuju Curug Winong, Anda harus berkendara sekitar 45 menit dari pusat kota Wonosobo.

Perjalanan menuju tempat ini cukup lancar dan nyaman, namun, Anda harus mempersiapkan fisik karena Anda harus berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter setelah sampai di tempat parkir.

Selama perjalanan, Anda akan ditemani oleh pemandangan sawah, dan nuansa hijau yang akan membuat Anda takjub. Selain itu, ada sungai kecil, taman salak, dan tanah asri milik warga. Ketinggian Air Terjun Winong sendiri sekitar 80 meter. Pepohonan di sekitarnya lebat, dengan akar yang menggantung di tanah.

12. Telaga Menjer

Telaga Menjer awalnya adalah pembangkit listrik. Danau ini juga terbentuk dari letusan Gunung Berapi Pakuwaja yang pernah aktif. Namun sebelum terjadi letusan, posisi telaga ini hanyalah mata air kecil yang berisi saat turun hujan saja.

Selain menyaksikan panorama, telaga ini juga digunakan sebagai tempat memancing. Telaga ini berada di Kejajar. Air yang berasal dari telaga ini merupakan aliran dari Sungai Serayu.

13. Dieng Plateau

Dieng Plateau merupakan objek wisata terkenal di Wonosobo dan Banjarnegara. Konon tempat ini penuh dengan suasana yang eksotis dan menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Terletak di Bakal, Batur, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 12.000 saja.

Dengan tiket semurah itu, Anda bisa menemukan banyak tempat wisata seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon hingga Dataran Tinggi Dieng.

Wah, jadi tidak sabar ya untuk mengunjungi tempat wisata di Wonosobo yang telah disebutkan di atas. Mana saja nih wisata yang sangat tidak sabar untuk Anda kunjungi? Apakah gunung, danau, atau pemandian air hangatnya?

Tinggalkan komentar